• Home
  • Blog
  • Berikut 7 Strategi Ampuh Cara Beriklan di Google Ads!

Berikut 7 Strategi Ampuh Cara Beriklan di Google Ads!

Berikut 7 Strategi Ampuh Cara Beriklan di Google Ads!

Pelajari cara beriklan di Google Ads dengan panduan lengkap ini. Mulai promosikan bisnis secara efektif dan efisien!

Mungkin beberapa Aptikans sudah mengenal Google Ads atau yang dulunya dikenal sebagai Google AdWords. Ini merupakan salah satu platform promosi berbasis periklanan online yang banyak digunakan dan sangat populer. Dengan jangkauan yang luas dan tools yang canggih, Google Ads telah menjadi salah satu cara terbaik untuk mempromosikan bisnis secara online. 

Bagaimana tidak? Mengingat jangkauan Google yang luas, dengan lebih dari 8,5 miliar pencarian per hari, yang mana kemungkinan besar kamu pernah melihat (dan mungkin mengklik) iklan Google dan begitu juga dengan calon konsumen kamu. Di artikel ini, kita akan membahas tujuh strategi ampuh cara beriklan di Google Ads yang tepat dan akurat!

Apa itu Google Ads?

Seperti yang kita ketahui dari namanya saja, Google Ads sudah pasti merupakan platform periklanan online yang disediakan oleh Google secara langsung. Yang juga berarti bahwa Google Ads adalah platform iklan bayar per klik (PPC) di mana pengiklan membayar per klik (atau tayangan) pada iklan.

Google Ads diketahui sebagai cara yang efektif untuk mengarahkan traffic yang berkualitas, atau calon pelanggan yang sesuai dengan minat terhadap bisnis kamu, karena mereka mencari produk dan layanan seperti milik kamu. Dengan Google Ads, kamu juga dapat meningkatkan traffic website, menerima lebih banyak pesanan atau inquiry, dan tentunya bisa meningkatkan kunjungan ke toko maupun halaman produk pada yang dituju secara spesifik.

Seiring waktu, Google Ads juga akan membantu menganalisis dan mengoptimalkan iklan untuk menjangkau lebih banyak orang. Yang memberikan kesempatan bagi bisnis kamu untuk menjangkau audiens yang lebih luas secara online.

Google Ads memang penting bagi bisnis karena memberikan akses kepada mereka untuk menjangkau jutaan pengguna internet yang mencari informasi atau produk tertentu. Dengan menggunakan Google Ads, bisnis dapat meningkatkan visibilitasnya di halaman hasil pencarian Google sehingga lebih ditemukan.

Baca juga: Tips Meningkatkan Penjualan dengan Digital Advertising

Manfaat Beriklan di Google Ads

Selain beberapa manfaat yang sudah dijelaskan di atas, beriklan di google ads memiliki manfaat lain yang sangat membantu bisnis kamu seperti.

1. Penargetan yang Tepat (Precise Targeting)

Salah satu manfaat utama dan pertama Google Ads adalah kemampuannya untuk menargetkan audiens yang tepat. Kamu dapat menyesuaikan iklan berdasarkan kata kunci (keywords), lokasi geografis, usia, jenis kelamin, minat, dan banyak lagi. Ini memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang berpotensi tertarik dengan produk atau layanan kamu.

2. Pengukuran yang Akurat (Accurate Measurement)

Manfaat kedua yaitu, Google Ads menyediakan berbagai tools atau alat pengukuran yang memungkinkan untuk melacak kinerja iklan dengan akurat. Kamu bisa melihat berapa banyak pengunjung yang melihat iklan, berapa banyak yang mengkliknya, dan bahkan berapa banyak yang melakukan tindakan tertentu setelah melihat iklan tersebut, seperti melakukan pembelian, pemesanan atau mengisi formulir kontak yang tersedia.

3. Kontrol Anggaran (Budget Control)

Dengan Google Ads, kamu juga memiliki kontrol penuh atas anggaran iklan. Dengan kata lain, kamu dapat menetapkan batas harian atau total untuk biaya iklan, serta mengatur berapa banyak yang ingin dibayarkan untuk setiap klik atau tampilan iklan. Sehingga memungkinkan kamu untuk mengelola anggaran iklan agar sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Baca juga: Apa Itu SEO Specialist dan Mengapa Mereka Dibutuhkan?

Strategi Efektif untuk Beriklan di Google Ads

Setelah mengetahui manfaat diatas mungkin kamu jadi tertarik untuk menggunakan google ads? Sebelum langsung menggunakannya, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa strategi efektif untuk beriklan di google ads berikut ini.

1. Tentukan Tujuan Iklan dengan Jelas

Saat membuat kampanye di Google Ads, pastikan untuk menentukan tujuan iklan dengan jelas sangatlah penting. Agar memastikan bahwa penargetan, anggaran, dan format iklan efektif yang membantu menetapkan sasaran yang realistis menggunakan penargetan tepat untuk mencapai audiens yang relevan. 

2. Penulisan Iklan yang Menarik

Tulislah iklan yang menarik dan relevan untuk audiens. Gunakan kalimat CTA yang persuasif dan menarik perhatian, serta sertakan tawaran, manfaat atau promosi yang menarik untuk meningkatkan tingkat klik atau interaksi lainnya.

3. Pengelolaan Kata Kunci

Lakukan pengelolaan kata kunci secara teratur agar memastikan bahwa kampanye iklan tetap relevan dan efektif. Lakukan evaluasi seperti menghapus kata kunci yang tidak memberikan hasil yang baik, dan tambahkan kata kunci baru yang dapat meningkatkan kinerja kampanye. Kamu bisa mulai mencari kata kunci yang sesuai untuk iklan kamu dengan menggunakan tools SEO seperti Ubersuggest dan SEMRush.

4. Optimasi Landing Page

Pastikan halaman tujuan seperti Landing Page dari iklan relevan dan mudah digunakan oleh pengunjung. Mulailah untuk mengoptimasi karena hal tersebut merupakan langkah penting dalam kampanye Google Ads. Landing page adalah titik awal bagi pengunjung atau calon konsumen untuk melakukan tindakan selanjutnya, seperti pembelian atau pendaftaran. 

Desain yang sederhana dan navigasi yang mudah membantu menonjolkan informasi penting. Penggunaan gambar yang relevan, kontras warna yang baik, serta penggunaan bullet point juga dapat meningkatkan kejelasan dan daya tarik pada landing page

Jangan lupakan penempatan CTA yang jelas untuk mengarahkan pengunjung ke tindakan yang diinginkan seperti tombol “Beli Sekarang”, “DAPATKAN PROMONYA DISINI”, dan “Berlangganan Sekarang Juga”  .

5. Pengukuran dan Pemantauan Kinerja

Lakukan pengukuran dan pemantauan kinerja kampanye iklan yang sedang tayang secara teratur. Tinjau data seperti tingkat klik, tingkat konversi, dan biaya per konversi untuk mengetahui efektivitas kampanye tersebut dan membuat perubahan jika diperlukan. 

Pemantauan kinerja iklan yang sedang tayang dapat kamu lakukan dengan menggunakan tool yang sudah google sediakan yaitu Google Analytics. Tool tersebut berguna juga untuk pemantauan aspek lain seperti jumlah trafik pada website, data audiens atau pengunjung website termasuk dari kota mana, device apa yang digunakan dan lain sebagainya.

Gunakan data yang diperoleh dari data analytics untuk mengoptimalkan strategi iklan Anda. Tinjau data seperti perilaku pengguna, preferensi audiens, dan tren pasar untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang cara mengarahkan kampanye Anda.

6. Optimalisasi Anggaran dan Penawaran

Optimalkan anggaran iklan berdasarkan kinerja kampanyenya. Alokasikan lebih banyak anggaran untuk kampanye yang memberikan hasil yang baik, sementara membatasi anggaran untuk kampanye yang kurang efektif. 

Selain itu, perbarui penawaran kamu secara teratur untuk memaksimalkan hasil dari setiap klik.

7. Uji Coba dan Optimalisasi Lanjutan

Lakukan uji coba terhadap berbagai strategi dan taktik untuk melihat mana yang memberikan hasil terbaik. Berdasarkan hasil uji coba, lakukan optimalisasi lanjutan untuk meningkatkan kinerja kampanye Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Dalam beriklan di Google Ads, penting untuk menggunakan strategi yang efektif dan terukur. Dengan mengikuti 7 strategi ampuh beriklan di google Ads di atas, Aptikans dapat meningkatkan kinerja kampanye iklan dan mencapai hasil yang lebih baik. 

Jangan lupa untuk terus memantau dan mengoptimalkan iklan yang tayang secara berkala untuk memastikan kesuksesan jangka panjang. Ayo mulai beriklan di Google Ads dan tingkatkan visibilitas bisnis secara online sekarang!

Share

dard

Baca artikel lainnya

Gratis konsultasi! Sampaikan kebutuhan Anda