Sering mendapat email berisi promosi dari perusahaan atau brand-brand tertentu? Meskipun sudah ada banyak cara dan strategi marketing, email marketing adalah salah satu strategi yang rutin digunakan perusahaan.
Di antara bentuk digital marketing lain, email marketing dipercaya memberikan keuntungan besar tersendiri.
Namun sebelum mengulik lebih jauh, penting sekali untuk lebih dulu memahami apa itu email marketing. Email marketing adalah salah satu metode digital marketing yang dilakukan dengan cara mengirim email, baik itu berisi informasi produk maupun promosi, kepada konsumen.
Email marketing menjadi salah satu metode digital marketing tertua yang digunakan. Penggunaan email marketing dimulai pada tahun 1978.
Di mana kala itu, meski baru pertama kali digunakan, metode digital marketing ini sudah langsung menghasilkan penjualan senilai $13 juta. Sejak saat itu, email marketing menjadi metode digital marketing yang paling banyak dan hampir pasti digunakan oleh perusahaan.
Bila dibandingkan metode digital marketing lain, email marketing terbilang paling sederhana. Inti dari pelaksanaan strategi pemasaran digital ini, perusahaan harus lebih dulu mendapatkan email konsumen atau target pasar.
Setelah itu, perusahaan akan mengirimkan email berisi informasi mengenai produk atau layanan jasa.
Tujuannya agar konsumen dapat mengenal dan mempelajari produk dan layanan jasa yang ditawarkan. Sehingga nantinya, konsumen akan melakukan transaksi bisnis dengan perusahaan.
Mengapa Email Marketing Penting Untuk Bisnis Kamu?
Ada beberapa faktor mengapa email marketing penting untuk bisnis dan sangat krusial bagi strategi pemasaran sebuah perusahaan. Di bawah ini merupakan alasan dan pembahasannya.
1. Pengiriman Informasi
Melalui email, perusahaan dapat mengirimkan informasi secara detail dan lengkap mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan.
Selain detail yang lebih lengkap, informasi yang dikirimkan melalui email juga lebih mudah dicerna serta dipahami oleh konsumen.
2. Meningkatkan Kesadaran Brand
Kesadaran brand atau brand awareness menjadi salah satu alasan pentingnya penggunaan email marketing.
Ketika konsumen menerima email dari sebuah brand, pastinya mau tidak mau, konsumen akan menyerap informasi mengenai brand tersebut. Bila strategi ini dilakukan dengan konsisten, maka konsumen akan memiliki kesadaran akan brand tersebut.
3. Peningkatan Keterlibatan Pelanggan
Pentingnya email marketing untuk bisnis selanjutnya adalah meningkatkan keterlibatan pelanggan. Biasanya, pelanggan akan memberikan email bila tertarik dengan sebuah brand.
Entah itu tertarik mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai brand tersebut, atau dengan promo-promo yang diberikan.Sehingga secara langsung, adanya email marketing akan meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan sebuah brand ataupun perusahaan.
4. Peningkatan Penjualan
Seperti dicontohkan di atas, saat pertama kali digunakan email marketing sudah langsung menunjukan peningkatan penjualan dalam nominal yang besar.
5. Analisis dan Pelacakan
Email marketing juga akan membantu proses riset sebuah brand. Berdasarkan email yang diberikan bisa diketahui target pasar yang menunjukan ketertarikan pada brand tersebut.
6. Personalisasi Konten
Setelah melakukan riset dan analisa, brand bisa membuat personalisasi konten yang sesuai dengan target pasar. Hal ini bisa diketahui melalui data dari email marketing.
7. Biaya Efektif
Bila dibandingkan dengan metode pemasaran digital lain, biaya yang dikeluarkan untuk email marketing jauh lebih efektif. Tentunya dengan hasil yang tidak kalah apik dibandingkan metode lain.
Manfaat Pemasaran Email
Selain poin-poin yang menegaskan pentingnya email marketing di atas, berikut ini merupakan manfaat yang akan didapatkan perusahaan dengan menggunakan email marketing.
1. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Seperti dijelaskan di atas, email marketing akan dapat meningkatkan keterlibatan pelanggan.
Pelanggan akan terlibat secara langsung baik itu dengan produk, promosi, hingga konten-konten yang dihadirkan oleh brand.
2. Membangun Hubungan Kuat Dengan Pelanggan
Dibandingkan pemasaran digital lain seperti konten media sosial maupun website, email marketing lebih bersifat personal. Selain personalisasi konten, email marketing akan menjalin hubungan kuat dengan pelanggan melalui pendekatan secara langsung.
Bila diandaikan, email marketing seakan membawa brand langsung kepada pelanggan. Sehingga pelanggan juga diharapkan merasa memiliki hubungan dan kedekatan secara langsung dengan brand.
3. Meningkatkan Penjualan dan Konversi
Manfaat terakhir dari email marketing tentu saja untuk meningkatkan penjualan dan konversi. Adanya promosi hingga brand awareness yang dihadirkan dalam email marketing diharapkan akan terkonversi menjadi transaksi bisnis.
Jenis-Jenis Email Marketing dan Contohnya
Email marketing memiliki beberapa jenis berbeda. Berikut ini merupakan penjelasan jenis-jenis email marketing beserta contohnya.
1. Email Promosi
Jenis email marketing yang pertama adalah email promosi. Seperti namanya, email marketing ini dilakukan dengan tujuan menyampaikan promosi yang sedang dilakukan.
Contoh dari email promosi seperti diskon khusus yang diberikan oleh brand untuk produk tertentu, atau pengumuman adanya penawaran dalam waktu terbatas.
2. Email Newsletter
Email newsletter bertujuan memberikan kabar dan mengumumkan pembaharuan (update) mengenai produk maupun brand. Biasanya, email newsletter dikirimkan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya, setiap minggu atau bulan.
Contoh dari email newsletter adalah newsletter bulanan dari brand mengenai pembaharuan, produk baru, sampai tips-tips lain yang berkaitan dengan brand maupun produk.
3. Email Welcome
Jenis email ini seringnya masih berkaitan dengan newsletter. Pelanggan yang baru membeli produk atau berlangganan email newsletter akan mendapatkan email welcome.
Isi dari email welcome pun beraneka ragam. Mulai dari informasi tentang brand dan produk, ucapan selamat datang, sampai promosi untuk pembelian selanjutnya.
4. Email Abandoned Cart
Email marketing satu ini kerap kali diberikan oleh toko online, marketplace, ataupun brand-brand dengan lini penjualan langsung dari website. Jenis email ini bertujuan memberitahu pelanggan adanya barang yang masih ada di keranjang. Sekaligus juga menginformasikan cara melanjutkan pembayaran.
Jenis email marketing satu ini dipercaya efektif untuk meningkatkan penjualan. Terlebih bila email abandoned cart dipadukan dengan email promosi. Dimana brand sekaligus juga menginformasikan promo-promo yang sedang berlangsung.
5. Email Ulasan atau Testimonial
Email ini berisi ajakan bagi pelanggan untuk memberikan ulasan atau testimonial. Biasanya brand akan menawarkan rewards berupa poin ataupun voucher khusus untuk mendorong pelanggan meninggalkan ulasan positif.
6. Email Acara atau Undangan
Jenis email marketing terakhir ini tidak diberikan kepada semua pelanggan. Biasanya hanya pelanggan terpilih saja yang akan mendapatkan email undangan acara dari brand. Entah itu acara diskusi, survey, bahkan mungkin peluncuran produk baru.
Namun bisa juga, email acara dikirimkan kepada semua pelanggan untuk mengabarkan acara skala besar yang digelar oleh brand maupun perusahaan.
Kapan Email Marketing Digunakan?
Email marketing dilakukan dalam berbagai kesempatan berbeda. Namun secara khusus, email marketing dilakukan pada untuk kepentingan di bawah ini:
- Menginformasikan Pelanggan
- Promosi Penjualan
- Memperkuat Hubungan Pelanggan
- Mengingatkan Pelanggan
- Menyampaikan Konten Berkala
- Mengajak untuk Terlibat
- Mengumumkan Acara atau Peluncuran Produk
- Mengirim Ulasan atau Testimonial
Kesempatan di atas merupakan waktu paling tepat untuk melakukan strategi pemasaran digital email marketing.
Tips untuk Pemasaran Email yang Sukses
Walau begitu, email marketing tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada tips dan strategi khusus yang harus dilakukan agar email marketing bisa bekerja dengan efektif.
Di bawah ini tips agar email marketing berjalan sukses.
- Ketahui tujuan email marketing
- Tentukan target audiens
- Pilih bentuk email marketing yang sesuai dengan target audiens atau pasar
- Berikan pesan yang jelas dan singkat
- Optimalkan desain email untuk ponsel
- Ketahui waktu terbaik mengirim email
- Pastikan email memiliki desain yang menarik
- Personalisasi email agar sesuai target pasar
- Berikan CTA atau Call To Action
Strategi untuk Meningkatkan Pemasaran Email
Selain tips-tips di atas, email marketing juga memerlukan strategi tersendiri agar bisa mencapai tujuan. Di bawah ini adalah strategi terbaik untuk meningkatkan email marketing:
- Segmentasi target pasar atau audiens yang lebih mendalam
- Automatisasi email sehingga bisa dikirimkan pada waktu yang tepat
- Personalisasi email agar lebih sesuai dengan target audiens
- Mengoptimalkan waktu pengiriman email
- Meningkatkan subjek email dengan copywriting yang lebih menarik
- Memberikan penawaran dan insentif menarik untuk pelanggan
- Email harus mampu meningkatkan pengalaman pengguna
- Penggunaan konten multimedia untuk membuat tampilan email lebih menarik
- Isi konten email lebih berbobot dan informatif
- Memperhatikan tingkat keluhan pelanggan dan alasan mengapa unsubscribe
Kesimpulan
Email marketing merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness dan mendorong konsumen untuk melakukan transaksi bisnis. Metode pemasaran digital ini dinilai lebih dekat dengan target pasar dan dapat langsung diakses dengan mudah.
Nah, untuk memulai email marketing, sebaiknya menjalankan program promosi atau champaign yang membuat pelanggan ingin berlangganan di email Newsletter. Selain itu juga bisa memulai fitur Membership bagi pelanggan setia.